RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas /Semester
: IV/I
Alokasi Waktu
: 4 x 35 Menit ( 2 x Pertemuan
)
I. Standar Kompetensi
1.
Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya,
serta pemeliharaannya.
II. Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya.
III. Indikator
1.
Mengidentifikasi
alat indera manusia berdasarkan pengamatan.
2.
Mendeskripsikan
struktur alat indera manusia.
3.
Menjelaskan
fungsi bagian-bagian alat indera
4.
Menerapkan
cara memelihara kesehatan panca indera
IV. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat
:
1. Menyebutkan 5 (lima) alat
indera manusia.
2. Mendeskripsikan struktur
alat indera.
3. Menjelaskan fungsi
bagian-bagian alat indera.
4. Memahami cara memelihara
kesehatan panca indera.
V. Materi Pelajaran :
-
Alat
indera manusia, fungsi dan alat pemeliharaannya.
VI. Metode Pembelajaran :
-
Ceramah
-
Tanya
jawab
-
Diskusi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Pertemuan Pertama
(2x35 menit)
1. Kegiatan awal
Apersepsi :
a)
Guru
membuka pelajaran dengan salam dilanjutkan dengan berdoa, kemudian menanyakan
siswa yang tidak hadir.
b)
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
Misalnya : Bagian – bagian rangka manusia dan fungsinya.
c)
Guru
mengemukakan kompetensi yang akan dicapai,
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan, dan manfaat
mempelajari hubungan antara sruktur panca indra dan fungsinya.
2. Kegiatan Inti :
a) Ekspolrasi
·
Guru menginformasikan tentang indera manusia,
yaitu : Indera Penglihat (mata), Indera Pendengar (telinga), Indera Pembau
(hidung), Indera Pengecap (lidah), dan Indera Peraba (kulit) dengan menggunakan
media pembelajaran interaktif.
·
Siswa memperhatikan presentasi yang dilakukan
guru.
·
Guru meminta beberapa siswa untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disampaikan guru.
b)
Elaborasi
·
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
diskusi.
·
Tiap kelompok mendapat permasalahan yang berbeda
yaitu mengidentifikasi bagian-bagian alat indera : mata, telinga, hidung,
kulit, dan lidah.
·
Guru berkeliling melakukan penilaian proses dan
memberikan bantuan kepada kelompok yang mengalami kesulitan.
·
Siswa mendiskusikan materi sesuai dengan
petunjuk guru.
·
Siswa membuat laporan hasil diskusi
c)
Konfirmasi
·
Siswa mempresentasikan hasil diskusinya,
kelompok yang lain menanggapi hasil presentasi Laporan hasil kerja
dari masing-masing kelompok
·
Guru mengklasifikasikan hasil kerja
kelompok
·
Membuat kesimpulan
3. Kegiatan Akhir :
a)
Guru melakukan
refleksi:
·
Inti dari hasil presentasi yang dilakukan, siswa
mengenal macam-macam alat indra dan fungsinya.
·
Manfaat bagi siswa mempelajari alat indra, siswa
rajin merawat kesehatan alat indra.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru secara lesan
sebagai tes hasil belajar.
·
Siswa diberi tugas kelompok untuk menggambar
alat indera sesuai dengan tampilan gambar.
B. Pertemuan Kedua
1. Kegiatan awal :
Apersepsi
·
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang
materi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
·
Guru menanyakan pelajaran yang lalu. Apakah
fungsi lensa mata ? memfokuskan dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata, agar
jauh tepat di retina.
2. Kegiatan Inti
a)
Ekspolrasi
·
Guru bersama siswa mempersiapkan alat/bahan yang
akan digunakan dalam pembelajaran.
·
Siswa melakukan aktifitas pengujian alat indra
dengan bimbingan guru.
b) Elaborasi
·
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
diskusi.
·
Guru membimbing siswa dalam melakukan persiapan
alat/bahan dan Lembar Kerja.
·
Siswa melakukan diskusi kelas dari hasil
kegiatan kelompok tentang : Fungsi alat indera, misalnya: mata, telinga, lidah,
hidung, dan kulit.
·
Guru berkeliling melakukan penilaian proses
danmemberikan bantuan kepada kelompok yang mengalami kesulitan.
·
Siswa mendiskusikan materi sesuai dengan
petunjuk guru.
·
Siswa membuat laporan hasil diskusi
c)
Konfirmasi
·
Laporan hasil kerja dari masing-masing kelompok
·
Guru mengklarifikasikan hasil kerja kelompok
·
Membuat kesimpulan
3. Kegiatan Akhir
a) Guru melakukan refleksi:
·
Inti dari hasil presentasi siwa mengenal
macam-macam fungsi masing-masing alat indra.
·
Manfaat bagi siswa dalam mempelajari fungsi alat
indra, dapat menjaga kesehatan alat indra.
b)
Siswa
menjawab beberapa pertanyaan guru secara lisan sebagai tes hasil belajar.
c)
Siswa di
beri tugas Pekerjaan Rumah (PR) untuk mengerjakan soal-soal latihan.
VIII. Alat dan Sumber Bahan
1.
Buku
Sains SD Kelas IV oleh Haryanto (Erlangga) halaman 11 – 33
2.
Senang
belajar ilmu pengetahuan alam 4: untuk Kelas IV SD/MI/oleh S. Rositawaty dan Aris Muharam. - Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas, 2008.
3.
Ilmu
Pengetahuan Alam 4: untuk SD/MI kelas IV/Budi Wahyono dan Setya Nurachmandani.-
Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas, 2008.
4.
Ilmu
Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV/Heri Sulistyanto, dan Edy Wiyono;
editor Robin Ginting. – Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas, 2008.
5.
lmu
Pengetahuan Alam 4 : untuk SD dan MI Kelas IV /penyusun,
Choirul Amin; editor, Sri Untari ; illustrator, Joko Susanto.-Jakarta
: Pusat Perbukuan, Depdiknas, 2009.
6.
Ilmu Pengetahuan
Alam 4 : untuk SD dan MI Kelas 4 / penulis, Aprilia Afifatul Achyar; editor,
Lislis Ratnaningsih . - Jakarta : Pusat Perbukuan, Depdiknas, 2009.
7.
Ilmu
Pengetahuan Alam 4 : untuk SD/MI Kelas IV /penyusun,
Ikhwan SD ; .-Jakarta : Pusat Perbukuan, Depdiknas, 2009
11. Gambar panca indera, gelas,
jeruk nipis, garam, gula, air, pepaya, bunga, batu kerikil, kartu snellen.
IX. Penilaian
1.
Prosedur
: - dalam proses
- akhir
(hasil diskusi)
2. Jenis
penilaian : -
perbuatan
- tulis (hasil diskusi)
3. Bentuk
penilaian : - perbuatan
- tulis uraian
- produk (hasil diskusi)
4. Alat
penilaian : - lembar pengamatan
Catatan/Saran :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui,
Kepala
Sekolah,
(…………………………………….)
NIP…………………………………
|
Wonogiri,
Guru
Kelas IV
(……………………………………)
NIP…………………………………
|
LAMPIRAN
Rangkuman Materi Pertemuan I
1.
Bagian
–bagian mata dan fungsinya
-
Alis
berfungsi melindungi mata dari keringat agar tak masuk ke dalam
mata
-
Kelopak
mata berfungsi melindungi mata dari benda asing
-
Kornea
(selaput bening) fungsinya meneruskan cahaya yang masuk ke mata
-
Iris
(Selaput Pelangi) dan pupil (anak mata ) berfungsi mengatur cahaya yang masuk
ke mata
-
Pupil
adalah lubang bundar yang ada di tengah iris
-
Lensa
mata berfungsi memfokuskan dan meneruskan cahaya ke mata agar jatuh tepat pada
retina
-
Daya
akomodasi adalah kemampuan lensa mata untukmencembung dan memipih
-
Badan
bening Berbentuk bening seperti agar-agar, fungsinya untuk meneruskan cahaya
yang masuk melewati lensa ke retina
-
Retina
bagian mata yang paling belakang fungsinya menerima cahaya yang diterima oleh
bagian-bagian mata di depannya.
-
Syaraf
mata berfungsi meneruskan rangsang cahaya yang telah di terima, dan rangsang
tersebut diteruskan ke pusat syaraf di otak
2.
Kelainan
mata dan cara mengatasi
-
Miopi
(rabun jauh) kacamata yang berlensa cembung
-
Hipermitropi
(Rabun dekat) kacamata berlensa cembung
-
Presbiopi
(mata tua) kacamata berlensa ganda
-
Rabun
senja, karena kekurangan vitamin A
-
Buta
warna, tidak mampu membedakan warna tertentu
-
Katarak
3.
Bagian-bagian
telinga
-
Telinga
terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar.
-
Telinga
tengah terdiri dari gendang telinga,tulang pendengaran (martil,sanggurdi,
landasan) dan saluran Eustachius yang menghubungkan rongga telinga dengan
rongga mulut
-
Telinga
dalam terdiri dari tiga saluran setengah lingkaran , rumah siput, sakulus,
utrikulus dan saraf pendengaran.
Rangkuman Materi Pertemuan II
1.
Bagian-bagian
lidah
-
Bintil-bintil
pada lidah namanya papila.
-
Bagian
pinggir depan lidah peka terhadap rasa asin, depan lidah peka terhadap rasa
manis,samping belakang lidah peka terhadap rasa asam, belakang lidah peka
terhadap rasa pahit.
- Selain pengecap rasa, lidah
berfungsi sebagai alat bicara, membantu meletakkan makanan ketika di kunyah,
dan membantu menelan makanan.
2.
Hidung
selain sebagai alat pernapasan juga sebagai indera pembau
-
Bernafas
lewat hidung lebih baik dari pada lewat mulut, karena udara yang masuk disaring
oleh bulu-bulu hidung dan lender.
-
Bau yang
secara umum dikenali oleh manusia ialah harum, asam, tajam, busuk, sumpek
-
Amnosmia
ialah ketidakmampuan indera pembau untuk mencium bau
3.
Bagian-bagian
kulit
-
Lapisan
luar pada kulit disebut epidermis, sedangkan lapisan dalam disebut dermis
-
Lapisan
luar pada kulit terdiri dari kulit ari di lapisan Malpighi
-
Penyakit
kulit antara lain : Jerawat, panu, kadas
LEMBAR KERJA SISWA
Lembar Kerja Pertemuan I
1.
Gambarlah
penampang mata dan sebutkan bagian-bagian mata !
2.
Gambarlah
penampang telinga dan sebutkan bagian-bagian telinga !
Lembar Kerja Pertemuan II
1.
Gambarlah
lidah dan sebutkn bagian-bagian pada lidah yang peka terhadap rasa asin, manis,
asam dan pahit
2.
Ujilah
temanmu dengan berbagai macam bau. Caranya mata di tutup, kemudian hidungnya
didekatkan benda yang berbau (minyak angin, prafum, bawang merah, kunyit,dsb)
kemudian temanmu tadi disuruh menyebutkan benda apa yang telah dibau!
Soal –soal Ulangan Pertemuan I
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar !
1.
Apakah
fungsi pupil ?
2.
Apakah
fungsi lensa mata ?
3.
Untuk
dapat melihat dengan jelas, bayangan benda harus tepat di bagian mata yang
disebut apa ?
4.
Apakah
miopi itu?
5.
Apakah
presbiopi itu ?
6.
Apakah
Hipermitropi itu ?
7.
Apakah
manfaat bulu mata (alis) ?
8.
Apakah
nama bagian mata yang tepat didonorkan ?
9.
Bagian
telinga untuk mengumpulkan suara disebut apa ?
10. Sebutkan 3 tulang
pendengaran !
Soal-soal Ulangan Pertemuan II
Isilah titk-titik di bawah ini dengan jawaban
yang benar!
1.
Saluran
dari telinga ke mulut disebut . . . .
2.
Nama alat
keseimbangan tubuh yang ada di telinga ialah …………….. dan ……
3.
Rumah
siput terletak di dalam telinga bagian . . . .
4.
Alat
indera pengecap rasa ialah . . . .
5.
Lidah
bagian depan peka terhadap rasa ……………
6.
Bagian
tepi lkanan dan kiri depan pada lidah peka terhadap rasa ………………
7.
Bagian
pangkal lidah peka terhadap rasa . . . . .
8.
Kulit
tipis bagian luar disebut kulit . . . .
9.
Lapisan
dalam pada kulit disebut. . . .
10. Saraf penerima rangsang
disebut . . . .
Kunci Jawaban Soal-soal Pertemuan I
1.
Mengatur
cahaya yang masuk ke mata
2.
Memfokuskan
dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata agar tepat pada retina
3.
Selapaut
jala/retina
4.
Rabun
jauh
5.
Kemampuan
daya akomodasi lensa mata sudah lemah
6.
Rabun
dekat
7.
Menahan
keringat agar tidak masuk ke mata
8.
Kornea
9.
Daun
telinga
10. Tulang martil, tulang
landasan, dan tulang sanggurdi
Kreiteria Penilaian
N = B x 10
Setiap nilai betul diberi nilai 10
Setiap soal ada unsure betul dinilai 5
Setiap soal salah diberi nilai 0
Kunci Jawaban Soal-Soal Pertemuan II
1. Saluran eustachius
2. Sakulus dan utrikulus
3. Dalam
4. Lidah
5. Manis
6. Asin
7. Pahit
8. Ari
9. Dermis
10. Reseptor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar